MATERI TEKS PERSUASI
A. Pengertian Teks Persuasi
Teks persuasif merupakan tulisan yang ditujukan untuk membujuk atau mengajak pembaca agar mengikuti dan mempercayai isi teks -baik saran atau pendapat tertentu- yang disampaikan oleh penulis.
B. Ciri Teks Persuasi
1) Persuasi berasal dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah.
2) Persuasi harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.
3) Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
4) Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik agar kepercayaan tidak hilang dan supaya kesepakatan pendapatnya tercapai.
5) Persuasi memerlukan fakta dan data.
C. Struktur Teks Persuasi
1. Pengenalan Isu
Berisi gambaran pengantar mengenai suatu masalah tertentu. Biasanya digunakan sebagai dasar tulisan yang disampaikan oleh seorang penulis.
2. Rangkaian Argumen
Berisi beberapa pendapat penulis terhadap suatu masalah yang pada bagian pengenalan isu telah disebutkan. Selain itu, bagian ini juga mencantumkan beberapa fakta yang dapat memperkuat alasan penulis.
3. Pernyataan Ajakan
Bagian ini dapat dikatakan sebagai inti dari teks persuasif. Di dalamnya terdapat ajakan dari penulis kepada pembaca untuk melakukan atau mempercayai suatu hal.
4. Penegasan Kembali
Pada bagian ini penulis akan berusaha menegaskan ulang apa yang disampaikan. Beberapa contoh kata yang digunakan dapat mencitrakan bagian ini, misalnya: demikianlah, dengan demikian, oleh karena itu, dan sebagainya.
D. Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi
1) Menggunakan kata teknis (topik pembahasan yang khas).
2) Menggunakan verba mental.
3) Menggunakan konjungsi argumentatif untuk menyatakan alasan (misalnya: jika, sebab, karena, akibatnya, dll).
4) Menggunakan kata rujukan (teori dan validasi sumber data yang berkaitan dengan topik bahasan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar